Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia juga sangat terasa di Indonesia. Hal ini berdampak pada seluruh aspek kehidupan, salah satunya adalah dunia pendidikan. Pemerintah memutuskan agar semua siswa dari jenjang PAUD sampai perguruan tinggi melakukan proses pembelajaran dari rumah yang mengakibatkan beban orang tua murid semakin bertambah ditengah pandemiCovid-19. Orang tua murid terkendala fasilitasdan sarana yang belum tersedia terkait pembelajaran online, pendampingan yang ekstra kepada anak dalam pembelajaran online serta harus terjalinnya komunikasi yang efektif antara siswa, orang tua dan guru agar pembelajaran online dapat berjalan dengan semestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pola pendampingan orang tua yang tepat dalam pembelajaran onlineanak selamapandemicovid 19. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah orang tua murid di TK Arrahmah . Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus- Oktober 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan pola pendampingan orang tua murid yang tepat adalah dengan memaksimalkan pola asuh, komunikasi dan strategi pembelajaran. Ketiga hal tersebut merupakan gambaran pola yang tepat dilakukan orang tua murid di TK Arrahmah dalam mendampingi anak belajar online agar dapat berjalan efektif.
Copyrights © 2021