Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11 No 1 (2019): Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DIPADU MIND MAPPING MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

Sholihah, Mar’atus (Unknown)
Mahanal, Susriyati (Unknown)
Prasetyo, Triastono Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Observasi di kelas menunjukkan adanya permasalahan terkait motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah akibat pembelajaran kurang bervariasi dan siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran quantum teaching dipadu mind mapping dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Motivasi belajar diukur dengan angket dan observasi sedangkan hasil belajar diukur dengan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan quantum teaching dipadu mind mapping meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 8,5% (angket) dan sebesar 10% (observasi) serta meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 41% ranah kognitif dan 56% ranah psikomotorik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...