Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 15 No 1 (2023): Januari 2023

Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI dan XII MIA melalui Discovery Learning Berbasis Lesson Study

Kuswara, R. Didi (Unknown)
Ekaningtias, Maya (Unknown)
Lume, Lume (Unknown)
Nurmiati, Nurmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu Penelitian Tindakan Kelas berbasis lesson study. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan discovery learning pada aktivitas belajar seperti melakukan percobaan, pengamatan, merancangan percobaan, analisis dan studi literatur dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan analisis data pada setiap pertemuan serta analisis lembar kerja siswa dan analisis hasil observasi pembelajaran secara langsung oleh observer. Selain itu, dampak lain dari implementasi lesson study memberikan pengalaman dan pelajaran berharga bagi peneliti lesson study dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta melihat perkembangan belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...