Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 15 No 1 (2023): Januari 2023

Implikasi Konsep Pendidikan Terhadap Kebudayaan dalam Pandangan Tokoh Ibnu Khaldun

Lubis, Mayang Sari (Unknown)
Siregar, Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Negara-negara berkembang dominan cenderung membentuk kebijakan yang mengadopsi teori-teori pendidikan dari negara-negara maju dan kurang memperhatikan kajian nilai-nilai budayanya sendiri. Jalan pintas ini berdampak mengaburkan otentisitas, kontekstualitas dan makna pendidikan di negara-negara berkembang. Orientasi pendidikan juga berubah, yaitu menjadi liberal dan materialistis, yaitu menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan pasar tenaga kerja, sehingga tugas pendidikan membentuk jati diri atau karakter bangsa tersingkir dari wacana pendidikan. Pendidikan Indonesia juga telah mengalami proses yang sangat berbeda dari perkembangan budaya. Di Indonesia, pendidikan bukan lagi masalah budaya, tetapi kepentingan politik dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pemikiran Ibnu Khaldun tentang hubungan antara pendidikan dan kebudayaan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Bersamaan dengan pengumpulan data melalui proses dokumentasi, analisis data dilakukan dengan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan Ibnu Khaldun, tentang keberadaan pendidikan merupakan salah satu faktor utama kemajuan peradaban manusia. Pendidikan dan ilmu pengetahuan hanya berkembang dalam peradaban dan kebudayaan yang dinamis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...