Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 15 No 2 (2023): Juli 2023

Pengaruh Pembelajaran Analogi Melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Luas di Sekolah Dasar

Rosyida, Nelly Kholifatur (Unknown)
Amir, Mohammad Faizal (Unknown)
Wardana, Mahardika Darmawan Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran analogi melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap hasil belajar pada materi pengkuran luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah kelas V Sekolah Dasar sebanyak 25 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data terdiri dari data statistik deskriptif, validitas, realibilitas, pengujian normalitas, uji-t. Instrumen penelitian adalah tes yang terdiri dari masalah sumber dan masalah target. Hasil pembelajaran analogi melalui SPS diperoleh yaitu 0,90 < 0,05, yang menunjukkan bawah pembelajaran SPS berbasis analogi memiliki dampak pada kemampuan berpikir siswa. Pengaruh dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran analogi ini siswa mampu berfikir lebih kreatif dan memudahkan siswa untuk menemukan konsep yang akan meyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini menyarankan agar siswa mampu berpikir secara analogi melalui model SPS pada materi pengukuran luas, sehingga dapat meminimalisir kesalahan konsep pada pengetahuan awal dan dapat mengidentifikasi konsep maupun proses penyelesaian pada masalah sumber untuk membantu menyelesaikan masalah target dengan tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...