Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 16 No 1 (2024): Januari 2024

Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Ngawi

Ali Putra, Army Al Islami (Unknown)
Rohmani, Lucky Amatur (Unknown)
Sajidah, Happy Bunga Nasyirahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Pendidikan Indonesia berkembang sangat pesat dilihat dari perubahan kurikulum yang digunakan dalam proses peningkatan mutu pendidikan. Kebijakan kurikulum pendidikan telah berubah dan diperbaiki sejak Indonesia merdeka. Kurikulum 2013 saat ini merupakan kurikulum utama yang belum lama digunakan di Indonesia. Namun, menurut Kemendikbudristek, kurikulum merdeka akan diterapkan pada tahun 2022. Fenomena ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada bidang studi IPA, dan mengevaluasi tantangan dan tantangan yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka untuk mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA di SMPN 5 Ngawi. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Ngawi belum maksimal. Terdapat hambatan yang dialami guru dalam penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka meliputi hambatan internal dan eksternal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...