Persaingan global menuntut kesiapan bangsa Indonesia untuk menanamkan nilai-nilai entrepreneurship. Entrepreneurship memegang peranan yang dominan dalam menggerakkan roda perekonomian baik dalam skala lokal, regional maupun global. Menyelaraskan dengan kondisi tersebut, lembaga pendidikan diharapkan mampu berperan guna mentransformasi jiwa kewirausahaan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia menghadapi era 5.0 dan persaingan yang semakin ketat terutama di kawasan ASEAN.Artikel ini bertujuan untuk mereaktualisasi konsep pendidikan kewirausahaan dipendidikan formal dengan harapan agar pelaksanaan pendidikan kewirausahaan diterapkan ke dalam kurikulum pendidikan formal yang dapat merealisasikan pendidikan kewirausahaan dan direalisasikan mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari.Rendahnya minat berwirausaha merupakan salah satu masalah yang dihadapi di mahasiswa pendidikan ekonomi,disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha adalah pengetahuan kewirausahaan dan kepercayaan diri.mahasiswa dituntut untuk memiliki pengetahuan kewirausahaan yang baik dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, namun pada kenyataannya pengetahuan kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa masih tergolong rendah dan memiliki kepercayaan diri yang rendah pula Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis dengan temuan bahwa pendidikan kewirausahaan merupakan variabel explanatory yang berguna di Indonesia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023