Journal of Economics Education
Vol 2 No 1 (2023): Mei

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN IKLAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY PADA MAHASISWA PIPS UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2020

Anggriani, Agustina (Unknown)
Rosmiati, Rosmiati (Unknown)
Yaldi, Destri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan e-money pada mahasiswa PIPS Universitas Jambi angkatan 2020. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan PIPS (Ekonomi, Sejarah, dan Kewarganegaraan) Angkatan 2020 yang berjumlah 197 mahasiswa dengan sampel sebanyak 132 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang disebar secara online melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap minat menggunakan e-money menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,572 dengan nilai  lebih besar dari  (8,195 > 1,656659) (2) Terdapat pengaruh Terdapat pengaruh iklan terhadap minat menggunakan e-money menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,699 dengan nilai  lebih besar dari  (11,158 > 1,656659) (3) Terdapat pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan e-money dengan nilai  >  yaitu (62,641 > 3,07).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEec

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of economic education (JEEC) which publishes the research results of individual or collaborative research. This journal publish not only focus on economic education but also technology and vocational, social science, non formal education, learning technologies, and education management. JEEC ...