Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Balai Gurah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPA Minangkabau Saiyo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yakni menggambarkan keadaan atau status suatu kejadian atau fenomena. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Balai Gurah dimulai dengan menyusun kurikulum yang mengadopsi sistem pembelajaran Balai Gurah. 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Balai Gurah terdiri dari dua tahap, Tahap 1 adalah kegiatan belajar Al-Qur'an di TPA Minangkabau Saiyo yang dilaksanakan dari hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 14.00 hingga 17.30 WIB. Tahap 2 melibatkan materi pembelajaran sebanyak 46 materi, yang mencakup tajwid dasar seperti pengenalan huruf beserta hukum tajwid lainnya, serta materi fiqih. Tahap ini dapat diselesaikan dalam waktu 5 bulan pertama. Setelah itu, murid-murid akan diarahkan untuk mempraktikkan membaca Al-Qur'an mulai dari juz 1. 3) Evaluasi pembelajaran di TPA Minangkabau Saiyo terdiri dari evaluasi mingguan dan evaluasi tahunan. Penerapan metode Balai Gurah memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak di TPA Minangkabau Saiyo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023