Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengembangan modul Mengenal Robot dalam meningkatkan keterampilan motorik dan kolaborasi siswa sekolah dasar. (2) Mengetahui hasil kelayakan produk terhadap pengembangan modul Mengenal Robot dalam meningkatkan keterampilan motorik dan kolaborasi siswa sekolah dasar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Hasil penelitian yaitu: (1) Pengembangan “Modul Mengenal Robot”. (2) Persentase kelayakan modul dari ahli media sebesar 91% & 85% dan ahli materi sebesar 92% & 88% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Persentase penilaian siswa terhadap Modul mencapai 89% dengan kategori "Sangat baik" dari segi aspek self instructional, self contained, stand alone, adaptif, dan user friendly. Dengan mempertimbangkan uji coba produk yang dilakukan pada praktisi media dan pelajaran serta tanggapan siswa maka pengembangan Modul Mengenal Robot dinyatakan layak sebagai modul pengenalan dasar robotika pada anak sd dan memiliki dampak yang positif terhadap pemahaman siswa terhadap konsep robotika dan keterampilan berpikir kreatif mereka. Oleh karena itu, implementasi modul "Mengenal Robot" bisa digunakan sebagai salah satu metode efektif dalam mengenalkan dasar robotika pada siswa sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024