Judul penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah artikel yan menyatakan bahwa Bandar Udara Sultan M.Salahuddin Bima mengalami penurunan jumlah penumpang meskipun Bandar Udara Bima adalah salah satu bandar udara penting di wilayah tersebut, sebagai pintu gerbang utama untuk kedatangan dan keberangkatan penumpang, Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi UPBU dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang di Bandar Udara Sultan M.Salahuddin Bima. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah strategi promosi yang telah dilakukan UPBU berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandar Udara Sultan M.Salahuddin Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, Penelitian dilakukan di Bandar Udara Sultan M.Salahuddin Bima Pada Agustus 2023-Februari 2024 Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Subtata Bagian Usaha, Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama, dan staff. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yang pertama adalah Strategi yang dilakukan oleh UPBU Bima adalah meningkatkan fasilitas Bandar Udara Bima dan menggunakan bauran promosi Pemasaran (Social Media), serta meningkatkan kerjasama dengan pihak maskapai maupun penambahan rute baru, dan strategi promosi paling efektif dalam meningkatkan jumlah penumpang di Bandar Udara Sultan M.Salahuddin Bima adalah Strategi S-O Menggunakan Kekuatan Untuk Memanfaatkan Peluang Yang Ada.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024