Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sempoa Puzzle Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Cilampunghilir . Masalah pada penelitian ini ialah prestasi belajar siswa pada kelas II materi perkalian yang masih sangat rendah. Hal tersebut karena kurangnya media pembelajaran yang bervariatif dan pembelajaran masih secara konvensional sehingga transfer pengetahuan antara guru dengan siswa masih kurang dipahami dan berminat saat pada pembelajaran yang disampaikan. Dikarnakan kurangnya berminat siswa pada suatu pembelajaran pada akhirnya berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, yang dilaksanakan di SDN 1 Cilampunghilir Kabupaten Tasikmalaya. Populasi dan sampel terdiri dari kelas II yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest eksperimen 24 dan kelas kontrol 28. Sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88 dan kelas kontrol 54. Terlihat ada perbedaan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan. Selain itu hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogeny dengan taraf signifikansi normalitas data 0,0680,05, taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,548 0,05. Pengujian hipotesis mengunakan uji paired samples tes (uji-t) diperoleh signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05 menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Media Sempoa Puzzle Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negri 1 Cilampunghilir.
Copyrights © 2024