Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kotak pintar terhadap keterampilan membaca permulaan Bahasa Indonesia kelas 1 SDN 1 Parumasan. Masalah pada penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan masih tergolong rendah dan kurangnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design (satu kelompok pretest-postest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dengan jumlah 20 orang, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas, dan (3) uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memperoleh peningkatan pada hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 49,09 dan kelas kontrol nilai rata-ratanya yaitu 56,67. Hasil posttest pada kelas eksperimen nilai rata-rata yaitu 81,82 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata yaitu 80,00. Terlihat ada perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Selain itu hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi data 0,2000,05, taraf signifikansi homogenitas data 0,7310,05. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Paired Sampel t-test diperoleh signifikansi (2-tailed) 0,0000,05. Menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kotak pintar terhadap keterampilan membaca permulaan bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 di SDN 1 Parumasan.
Copyrights © 2024