AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Pengaruh Media Pembelajaran Baper (Batang Perkalian) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Kelas II Materi Perkalian di SDN Sambongpari

Ahmad Taufik (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Meiliana Nurfitriani (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Anggia Suci Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran BAPER (Batang Perkalian) terhadap prestasi belajar siswa pada kelas II materi perkalian di SDN Sambongpari. Masalah pada penelitian ini ialah prestasi belajar siswa pada kelas II materi perkalian yang masih sangat rendah. Hal tersebut karena kurangnya media pembelajaran yang bervariatif dan pembelajaran masih secara konvensional sehingga transfer pengetahuan antara guru dengan siswa masih kurang dipahami dan berminat saat pada pembelajaran yang disampaikan. Dikarnakan kurangnya berminat siswa pada suatu pembelajaran pada akhirnya berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, yang dilaksanakan di SDN Sambongpari Kota Tasikmalaya. Populasi dan sampel terdiri dari kelas II A dan B yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest eksperimen 39dan kelas kontrol 40. Sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol 59. Terlihat ada perbedaan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan. Selain itu hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogeny dengan taraf signifikansi normalitas data 0,0120,05, taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,878 0,05. Pengujian hipotesis mengunakan uji paired samples tes (uji-t) diperoleh signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran BAPER terhadap prestasi belajar siswa pada kelas II materi perkalian di SDN Sambongpari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...