cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30471141     EISSN : 30470943     DOI : https://doi.org/10.57235
Core Subject : Education,
AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: Pendidikan AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Juni dan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 170 Documents
Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Ibu Pilihan Tuhan Karya Rizka Azizah: Pendekatan Objektif Rohani Rohani; Nurchalistiani Budiana; Prasetyo Yuli Kurniawan
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.3392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai moral yang terdapat dalam novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah, mendeskripsikan moral tokoh dalam menghadapi persoalan kehidupan dalam novel tersebut, serta mendeskripsikan bentuk penyampaian nilai moral yang digunakan oleh pengarang. Metode penelitian ini adalah penelitian kesusastraan deskriptif kualitatif yang berfokus pada analisis novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah. Pendekatan objektif digunakan untuk mengeksplorasi nilai moral, moral tokoh, dan bentuk penyampaian moral dalam novel tersebut. Data primer diperoleh dari novel itu sendiri, sementara data sekunder diambil dari penelitian relevan. Teknik pengumpulan data melibatkan membaca dan mencatat novel, serta menganalisis data menggunakan teknik pustaka. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui ketekunan dan penggunaan bahan referensi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai moral dalam hubungan antara manusia dengan Tuhan meliputi menerima takdir Tuhan, berdoa, keyakinan, berserah, dan bersyukur. Dalam hubungan antara manusia dengan diri sendiri, nilai-nilai yang ditemukan mencakup tanggung jawab, sabar, pantang menyerah, optimis, perjuangan, ketegasan, rajin, pemaaf, ikhlas menerima kenyataan, pengendalian diri, kemandirian, percaya diri, dan terima kasih. Sementara dalam hubungan antara manusia dengan orang lain, nilai-nilai yang teridentifikasi adalah nasihat orang tua dan teman, tolong-menolong, kebaikan hati, meminta maaf, menghargai, dan menjalin silaturahmi. Dapat disimpulkan dalam novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah terdapat nilai-nilai moral yang meliputi aspek hubungan antara manusia dengan Tuhan, aspek hubungan antara manusia dengan diri sendiri dan aspek hubungan antara manusia dengan orang lain.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran Hanissa Wandansari Sihombing; Muslim Afandi; Mhd Subhan
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.4320

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa demi terciptanya pendidikan yang relevan dengan kemajuan teknologi saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian perpustakaan (library research). Pengumpulan  informasi dilakukan melalui sumber sekunder yaitu jurnal, buku, artikel, sumber elektronik, dan teori  terkait  lainnya.  Kajian  ini  mengulas  ringkasan  dan  sintesis  temuan  penelitian tentang  topik  yang  dipilih. Hasil dari penelitian ini adalah faktor eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran ada dua, yaitu faktor lingkungan dan faktor instrumental. Faktor lingkungan terbagi menjadi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan alami. Sedangkan faktor instrumental menyangkut sarana dan prasana yang menunjang proses pembelajaran, seperti bangunan, silabus, dll. Sedangkan faktor internal proses pembelajaran ada dua, yaitu faktor fisiologis dan faktor psikologis. Faktor fisiologis berkaitan dengan kondisi jasmani peserta didik, sakit atau sehatnya. Sedangkan faktor psikologis merupakan faktor yang berasal dari kesiapan mental peserta didik yang terdiri dari intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, sikap, dan kematangan.
Suara yang Berbicara: Memahami Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif Melalui Podcast Denny Sumargo Angelina Gracia Br Ginting; Angelia Selina; Siska Monika Simanjuntak; Ririn Ayu Simanjuntak; Anastasia Roh Ulitona; Alan Kibar Manik; Akbar Maraendar; Dear Ezra Sipayung; Anggia Puteri
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.4198

Abstract

Jurnal ini membahas analisis tindak tutur ilokusi ekspresif yang terdapat dalam podcast "Curhat Bang" yang dipandu oleh Denny Sumargo. Dalam komunikasi, bahasa berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan makna yang tidak hanya bergantung pada struktur tata bahasa, tetapi juga konteks penggunaannya. Salah satunya digunakan sebagai alata untuk mengungkapkan perasaan yaitu melalui tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi ekspresi mencakup ungkapan perasaan, sikap, dan emosi penutur dalam interaksi verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis data dari video podcast untuk memahami bagaimana tindak tutur ekspresif berfungsi dalam menciptakan kedekatan emosional antara pembicara dan pendengar. Hasil analisis menunjukkan bahwa berbagai bentuk dan fungsi  tindak tutur ekspresif, seperti harapan, motivasi, rasa bangga, rasa syukur, heran dan rendah diri, kekaguman dan keterkejutan, apresiasi ,ucapan selamat,dan refleksi muncul dalam percakapan, memperkuat hubungan sosial dan emosional dalam konteks komunikasi modern.
Devide Et Impera: Kebijakan Politik Belanda Dalam Memecah Persatuan di Nusantara Karina Karina; Oktavia Sitorus; Salsalina Gurusinga; Rosmaida Sinaga
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.4007

Abstract

Devide et impera (bahasa Latin untuk "pecah belah dan kuasai") adalah strategi politik yang digunakan oleh kekuatan penguasa untuk mempertahankan kontrol mereka atas kelompok atau wilayah yang dikuasai. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan perpecahan di antara kelompok- kelompok masyarakat, sehingga mereka tidak dapat bersatu melawan penguasa. Dalam konteks kolonialisme, devide et impera sering diterapkan oleh kekuatan kolonial untuk menjaga dominasi mereka atas wilayah jajahan dengan memanfaatkan perbedaan etnis, agama, dan budaya. Dalam sejarah kolonialisme, khususnya di Afrika dan Asia, kekuatan kolonial seperti Inggris dan Belanda memanfaatkan kebijakan ini untuk mempertahankan kekuasaan mereka. Dengan membangkitkan persaingan antar suku atau kelompok etnis, penguasa kolonial berhasil mencegah terbentuknya gerakan perlawanan yang kuat dan terorganisir.Penerapan devide et impera memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk dinamika sosial dan politik di wilayah pascakolonial. Di banyak negara bekas jajahan, warisan kebijakan ini masih terasa dalam bentuk ketegangan etnis dan politik yang terus berlanjut. Dalam analisis kontemporer, strategi ini masih dipelajari dalam konteks geopolitik dan hubungan internasional, di mana aktor- aktor politik global memanfaatkan perpecahan untuk menjaga pengaruh dan kekuasaan mereka di berbagai wilayah dunia.
Penguatan Civic Responsibility Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dela Amelianta Ginting; Surya Dharma
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.4124

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penguatan Civic Responsibility siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan. Secara umum Civic Responsibility adalah salah satu sikap seseorang dalam melaksanakan sesuatu yang telah menjadi kewajiban yang harus diselesaikan dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat Civic Responsibility Siswa SMP di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat; 2) Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat Civic Responsibility Siswa SMP di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat; 3) Tantangan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat Civic Responsibility Siswa SMP di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode Studi Deskriptif, Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari jum’at dalam membentuk kepribadian dan karakter siswa. 2) Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat Civic Responsibility Siswa dikatakan efisien dan bernilai positif dilihat dari sikap dan karakter siswa yang sudah bertanggung jawab pada dirinya dan lingkungan. 3) Tantangan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat Civic Responsibility Siswa terjadi karena (1) faktor internal yaitu  usia remaja yang masih memiliki sifat keegoisan yang belum stabil sehingga sulit dikendalikan, (2) faktor eksternal dari faktor lingkungan.
Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SDN Palasari Nova Fahriatul Utami; Rahmat Permana; Meiliana Nurfitriani
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.3975

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah rendahnya minat baca SDN Palasari pada kelas tinggi sebelum dilaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang masih tergolong rendah seperti terdapat siswa yang sama sekali belum mengenal huruf, dan kurangnya motivasi dalam menumbuhkan minat membaca. Maka dari itu pihak sekolah memberlakukan kebijakan pemerintah yaitu program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca SD Negeri Palasari. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Penarikan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SDN Palasari, maka peneliti menggunakan analisis data regresi sederhana. Uji keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh program gerakan literasi terhadap minat baca siswa di SDN Palasari, dengan rxy = 0,865, r²xy = 0,741, dan nilai thitung (10,056) ttabel (2,032) artinya terdapat pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dengan signifikan. Sebagaimana total pengaruhnya yakni sebesar 0,741 dengan hasil pengaruh yang tinggi karena berada pada rentang antara 60%– 79%. Artinya semakin baik Gerakan Literasi Sekolah (GLS) akan mempengaruhi semakin baiknya minat baca peserta didik.
Prinsip dan Alat Evaluasi Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ena Desta Sri Mahdalena; Salwa Putri; Budi Kurnia
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i1.2206

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berperan penting dalam membentuk pemahaman peserta didik tentang dinamika masyarakat, sejarah, geografi, ekonomi, dan kebijakan publik. Pengembangan keterampilan literasi sosial dan pemikiran kritis melalui pembelajaran IPS menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk generasi yang cerdas dan terinformasi. Dalam rangka memastikan efektivitas pembelajaran IPS, evaluasi menjadi unsur yang tak terpisahkan, memastikan pencapaian tujuan pembelajaran dan kemajuan peserta didik. Artikel jurnal ini bertujuan untuk membahas dan menguraikan prinsip-prinsip evaluasi yang mendasari pembelajaran IPS, sekaligus mengeksplorasi berbagai alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam ranah IPS. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi para pendidik dan peneliti dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran IPS di berbagai tingkatan pendidikan. Metode Penelitian Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan kajian secara teori terhadap sumber sumber yang relevan . Data bersumber dari pustaka yang berupa artikel jurnal, dokumen pemerintah, dan artikel ilmiah lain tentang evaluasi pembelajaran. Beberapa tahapan penelitian yang dilaksanakan antara lain: (a) mengidentifikasi pustaka dan data sekunder yang terkait dengan fokus penelitian (b) melakukan seleksi pustaka utama (c) melakukan ekstraksi dan analisis data dan (d) merumuskan serta menginterpretasi hasil analisis. Sumber data utama dalam penelitian ini dapat dilihat pada Metode Studi Pustaka ini difokuskan pada dua tinjauan, yakni Tinjauan Teoritis dan Tinjauan Empiris.
Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Sejarah Pancasila Dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Ika Purnamasari; Diyaul Fikri; Flora Gresia Br Karo; Margaretta Judika Sianturi; Muhammad Fadhil Ardiansyah
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.4082

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung nilai-nilai yang mencerminkan identitas dan jati diri bangsa. Pemahaman mendalam tentang Pancasila dan sejarah perjuangan rakyat Indonesia sangat penting untuk mempertahankan eksistensi negara. Pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup, jiwa kepribadian bangsa, dan perjanjian bersama dalam mendirikan negara. Selain itu, Pancasila memiliki peran penting dalam menanamkan rasa patriotik dan meningkatkan semangat kebangsaan serta kesetiakawanan sosial di masyarakat. Kesadaran akan sejarah dan penghargaan terhadap jasa pahlawan juga diperkuat melalui nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat membentuk bangsa yang lebih baik di masa depan.
Peran Bangsa Arab Dalam Perdagangan Antar Benua: Pengaruh dan Jejak Sejarah di Indonesia Kiki Andiani Silaban; Mesya Angelina Alo Kusa; Javanya Sinaga; Rosmaida Sinaga
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.3964

Abstract

Perdagangan antar benua telah menjadi salah satu faktor kunci dalam pertukaran budaya, ideologi, dan agama di seluruh dunia. Bangsa Arab memainkan peran penting dalam jaringan perdagangan ini, terutama dalam hubungan mereka dengan Nusantara, yang kini dikenal sebagai Indonesia. Artikel ini mengkaji peran bangsa Arab dalam perdagangan internasional dan pengaruhnya terhadap penyebaran Islam di Indonesia. Melalui jalur perdagangan maritim yang strategis, bangsa Arab tidak hanya memperkenalkan komoditas berharga, tetapi juga membawa ajaran Islam, yang kemudian menyebar secara damai melalui interaksi sosial dan perkawinan campuran dengan penduduk lokal. Kehadiran pedagang Arab di Nusantara berdampak signifikan dalam perkembangan ekonomi dan sosial masyarakat setempat, serta memperkaya budaya lokal melalui bahasa, tradisi, dan sistem pendidikan Islam. Komunitas yang terbentuk dari interaksi ini menciptakan hubungan sosial yang kuat antara bangsa Arab dan penduduk lokal, sehingga membantu dalam proses islamisasi yang berlangsung selama berabad-abad. Dengan menelusuri jejak sejarah ini, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana perdagangan dan agama dapat saling berkaitan dalam membentuk identitas masyarakat Indonesia.
Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Membaca Teks Percakapan Siswa Kelas II SDN Linggamulya Nathasya Riana Fitri; Sunanih Sunanih; Rikha Surtika Dewi
AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.3701

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media audio visual terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN Linggamulya. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa kelas II di SDN Linggamulya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design dan desain Penelitian yang digunakan yaitu Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi yang digunakan pada Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Linggamulya yang berjumlah 36 siswa. Untuk pengambilan sampel memakai cara simple random sampling. Untuk Teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pre-test dan post-test serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 22.Hasil penelitian menunjukan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN Linggamulya. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2- tailed) 0,000 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dan juga didukung dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 86,95 lebih besar dari pada nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 77,00(86,95 77,00). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN Linggamulya. 

Page 1 of 17 | Total Record : 170