AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Analisis Tingkat Pendidikan Dalam Menentukan Pilihan Politik pada Pemilihan Umum Presiden 2024 di Desa Ketaren Kabupaten Karo

Agnes Chintya Siringoringo (Universitas Negeri Medan)
Cindy Nababan (Universitas Negeri Medan)
Dedek Harianto (Universitas Negeri Medan)
Loficha Metesa Br Ginting (Universitas Negeri Medan)
Halking Halking (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pendidikan dalam menentukan pilihan politik masyarakat Desa Ketaren, Kabupaten Karo pada Pemilihan Umum Presiden 2024. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini berusaha untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang bagaimana tingkat pendidikan masyarakat desa mempengaruhi preferensi mereka dalam memilih calon presiden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan warga desa dari berbagai latar belakang pendidikan, dan studi dokumentasi terkait data kependudukan dan hasil pemilihan umum sebelumnya. Observasi partisipatif dilakukan untuk mengamati aktivitas sosialisasi politik, diskusi warga, dan perilaku pemilih di Desa Ketaren selama periode menjelang pemilihan umum. Wawancara mendalam dilakukan untuk menggali perspektif, pandangan, dan pengalaman warga terkait pengaruh pendidikan dalam menentukan pilihan politik mereka. Studi dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data demografi dan hasil pemilu sebelumnya sebagai data pendukung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga tentang peran pendidikan dalam membentuk preferensi politik masyarakat pedesaan, serta bagaimana faktor-faktor lain seperti akses informasi, kampanye politik, dan latar belakang sosial-ekonomi turut memengaruhi keputusan pemilih. Temuan dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi untuk meningkatkan partisipasi politik dan literasi politik masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...