AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Round Table Terhadap Sikap Demokratis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo Tahun Ajaran 2024/2025

Anis Aprianti (Universitas Jambi)
Heri Usmanto (Universitas Jambi)
Dona Sariani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya sikap demokratis yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo. Hasil observasi awal terlihat bahwa sikap demokratis yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo pada mata pelajaran PPKn masih tergolong rendah yaitu sebesar 21%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran kooperatif round table terhadap sikap demokratis siswa SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design dengan desain Posttest Only With The Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo yang berjumlah 64 siswa, yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik uji validitas menggunakan rumus Product Moment yang dikemukakan oleh Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS 23 for windows menunjukkan adanya pengaruh dari metode pembelajaran kooperatif round table terhadap sikap demokratis, yang dibuktikan dengan hasil analisis Uji-t, dimana dari hasil Uji-t tersebut diketahui thitung sebesar 5,903 lebih besar dari ttabel. Pada df 62 dan α = 0,05, karena menggunakan Sig (2-tailed) maka alpha dibagi 2 yaitu 0,05 : 2 = 0,025, sehingga di dapat ttabel = 1,998. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa 5,903 1,998. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...