Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif  dengan  metode deskriptif, yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 1077 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI - 5 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, meliputi variabel dependen evaluasi pembelajaran dan variabel independen hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan alat ekstraksi data angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan data yang telah ada, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh: Rhitung  ( ) Rtabel, yaitu pada taraf signifikasi 5% Rtabel = 0,781. Berdasarkan perhitungan koefisien Determinasi sebesar R2 = .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024