Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki moral dan integritas yang tinggi. Di Indonesia, pengembangan kurikulum berbasis pendidikan karakter menjadi langkah strategis untuk menciptakan generasi yang berkualitas dalam berbagai dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kurikulum yang berbasis pendidikan karater, menggali tantangan yang dihadapi, serta potensi dampak positifnya terhadap peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis pendidikan karakter membutuhkan pendekatan holistik yang mencakup pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran serta evaluasi yang berkesinambungan. Penelitian ini juga mengidentifikasi bebrpa tantangan, termasuk kesiapan guru dan infrastruktur pendidikan yang belum mendukung. Meskipun demikian, pengembangan kurikulum pendidikan karakter memiliki dampak positif dalam membentuk karakter peserta didik di era gobalisasi.
Copyrights © 2024