IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 4 (2024): 2024

Program Best Practices Series Dalam Mempromosikan Kompetensi Guru PAI di Jawa Timur

Moch Aulya Sulthon HM (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Sulanam (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Program Best Practice Series dalam mempromosikan kompetensi guru PAI di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik etnografi digital yang meliputi pengamatan sistematis, partisipasi, dan analisis praktik sosial dan budaya dalam kelompok atau komunitas tertentu secara online. Berkenaan hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa meningkatnya kompetensi guru PAI di Jawa Timur dalam penerapan metode pembelajaran inovatif, pemanfaatan digital dalam pembelajaran, penguatan karakter, dan pengembangan kompetensi secara berkelanjutan. Para guru yang berpartisipasi memberikan umpan balik yaitu melaporkan terjadi peningkatan keterampilan, komunikasi, pemahaman konten pembelajaran PAI yang relevan. Maka diperoleh kesimpulan dari penelitian ini bahwasannya Program yang dilaksanakan yaitu Best Practice Series berhasil dalam mempromosikan kompetensi guru PAI di Jawa Timur. Program ini berkontribusi positif terhadapan peningkatan mutu pendidikan agama islam melalui seminar yang menjelaskan metode – metode pembelajaran relevan, penggunaan digital, penguatan karakter dan inovatif. Kedepannya perlu dukungan secara berkelanjutan dari pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mempraktekkan dan memperluas program ini untuk meningkatkan mutu pendidikan PAI secara menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...