IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 4 (2024): 2024

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Merenungkan Kekuasaan Allah SWT

Melanie Putri (Unknown)
Meli Tri Khasanah (Unknown)
Muhammad As’ari Safutro (Unknown)
Abdul Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Dari analisis kebutuhan yang telah dilakukan, pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru Al-Qur'an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada materi merenungkan kekuasaan Allah SWT. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE. Melalui beberapa tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, dan evaluation. Kualitas media diukur dengan melakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Hasil validasi materi pada multimedia pembelajaran diperoleh hasil 91,7%, sedangkan validasi media diperoleh hasil 90% dengan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Hasil praktikalitas multimedia pembelajaran pada guru adalah sebesar 96 %, sedangkan hasil multimedia pembelajaran terhadap siswa adalah 93,46 % dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu produk multimedia pembelajaran pada materi merenungkan kekuasaan Allah SWT dapat digunakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...