IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 4 (2024): 2024

Analisis Pengembangan Kurikulum Nasional dan Asrama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cedekia Serpong

Ramaditya Rizqiawan Al Achmad (Unknown)
Guntur Wicaksono (Unknown)
Wiji Ziila Pratna (Unknown)
Siti Mufidah (Unknown)
Devi Khoirunisa (Unknown)
Badrus Zaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Sistem pendidikan Indonesia sejak jaman dahulu terlihat statis dan belum ada perubahan yang signifikan. Kurikulum adalah subtansi yang seharusnya mendapat perhatian untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kurikulum yang kolaboratif pada MAN Insan Cendikia serpong. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, teknik yang menekankan pada kajian studi pustaka. Penelitian menunjukkan kurikulum MAN Insan Cendikia Serpong diterapkan dengan mengintegrasi kurikulum nasional dan kurikulum asrama. Menggunakan moder Tyler, analisis ini mengidentifikasi pada kurikulum nasional, tujuan pembelajaran, pengalaman, dan evaluasi yang ditekankan pada ilmu pengetahuan yang sistematis untuk mencapai tujuan. Kurikulum asrama mendukung perkembangan peserta didik pada perkembangan karakter dan keagamaan secara holistik. Penilaian seluruhnya mencakup pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik secara rinci, dengan pendekatan integratif antara ilmu pengetahuan dan agama, serta penggunaan tiga bahasa dalam interaksi sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...