Pendidikan Karakter siswa dalam sebuah lembaga pendidikan saat ini sering kali diabaikan karena dampak dari teknologi dan kurangnya pengawasan oleh orang tua maupun guru. Keberhasilan dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa ini salah satunya ditentukan oleh adanya guru yang berstandar dan memiliki kompetensi melalui proses standardisasi guru. Hal ini yang mendasari dilakukannya penelitian di MI Tawakkal Denpasar Bali yang memiliki siswa yang prestasi belajarnya cukup baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program standardisasi guru di MI Tawakkal, untuk mengetahui program standardisasi guru dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa MI Tawakkal, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa MI Tawakkal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa: Program standardisasi guru di MI Tawakkal berjalan dengan baik karena berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan oleh yayasan dan lembaga, Program Standardisasi Guru menghasilkan guru yang berkualitas sesuai standar kompetensi guru, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran dan pendidikan karakter siswa, dan Faktor penghambatnya yaitu keluarga yang tidak berperan sepenuhnya dalam menerapkan pendidikan karakter di rumah, pengaruh negatif sosial media, serta lingkungan negatif.
Copyrights © 2023