Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 3 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Meningkatkan Creative Intelegence (Kecerdasan Kreatif) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik

Andi Maryam Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Kajian pustaka ini berupaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik melalui kecerdasan kreatif. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis karena berkaitan dengan cara berpikir yang dilakukan oleh siswa dalam mengkaji informasi yang diperolehnya. Kemampuan mengemukakan pendapat juga merupakan salah satu aspek dari keterampilan berbicara. Selain itu juga kemampuan seseorang dalam bertanya sangat dekat dengan kemampuan berkomunikasi karena dapat melatih seseorang dalam melakukan komunikasi satu dengan lainnya. Bertanya juga merupakan faktor yang paling utama dalam inkuiri sains. Cara yang ditempuh guru dalam mengajukan pertanyaan dan menanggapi pertanyaan mempunyai pengaruh terhadap proses pembelajaran, pencapaian hasil belajar, kemampuan dalam mengemukakan pendapat peningkatan cara berpikir siswa dan terkhusus untuk meningkatkan kreativitas siswa. Kreativitas merupakan kerja otak manusia yang bersinergi dengan lingkungannya, ketika menghadapi suatu masalah yang terkait dengan kehidupannya, manusia akan berfikir untuk menyeleseikannya, dalam proses tersebut manusia akan melibatkan otak kanan dan otak kirinya, pada dasarnya pemencahan masalah merupakan proses kombinasi antara pemkiran logis dan kreatif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...