Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rendahnya kemampuan siswa didalam membuat kalimat Bahasa Inggris sederhana. Untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut pada penelitian ini digunakan strategi Chain Card Game pada siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Dawan dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada masing – masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan serta pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pertama perencanaan tindakan, tahap kedua pelaksanaan tindakan, tahap ketiga observasi/ evaluasi, dan tahap terakhir adalah refleksi. Dari hasil penelitian yang dimulai dengan observasi kemudian pelaksanaan siklus I dan siklus II diperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata siswa yang pada tahap tes awal hanya 60 yang termasuk kedalam kategori kurang sedangkan pada siklus I dan siklus II dimana strategi pembelajaran Chain Card Game sudah diterapkan nilai rata – rata siswa kelas VIII G didalam menyusun kalimat Bahasa Inggris sederhana menjadi 70, 73 pada siklus I dan 82 pada siklus II. Peningkatan nilai rata – rata siswa dari siklus I ke siklus II adalah 11,27%. Strategi Chain Card Game ini sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.
Copyrights © 2021