Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wanggarasi Kab. Pohuwato Gorontalo

Umar, Ismail (Unknown)
M Tikollah, Ridwan (Unknown)
Sato, Sato (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi keuangan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wanggarasi. Model Problem Based Learnin pada penelitian ini telah dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan pengamatan, pengumpulan data dan refleksi. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73,38 terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 2,71 dari sebelum diadakannya tindakan yaitu 70,67. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 13,37. Jumlah siswa yang mencapai batas tuntas pada siklus I sebanyak 11 siswa atau 73,33% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai batas tuntas sebanyak 13 siswa dari 15 siswa atau sebesar 93,33%. Penerapan model PBL secara rinci dapat meningkatkan minat belajar, motivasi belajar dan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...