Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi keuangan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wanggarasi. Model Problem Based Learnin pada penelitian ini telah dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan pengamatan, pengumpulan data dan refleksi. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73,38 terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 2,71 dari sebelum diadakannya tindakan yaitu 70,67. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 13,37. Jumlah siswa yang mencapai batas tuntas pada siklus I sebanyak 11 siswa atau 73,33% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai batas tuntas sebanyak 13 siswa dari 15 siswa atau sebesar 93,33%. Penerapan model PBL secara rinci dapat meningkatkan minat belajar, motivasi belajar dan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2022