Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf.. Penggunaan media kartu huruf dilakukan karena anak belum mampu mengenal huruf abjad dan kurangnya kreativitas guru dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik di TK Mardi Santosa Kota Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resarch) yang terdiri dari 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelas A TK Mardi Santosa tahun ajaran 2020-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad secara signifikan. Prosentase kemampuan anak pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 50%, siklus 2 pertemuan 2 naik menjadi 80%. Penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran mengenal huruf abjad dapat meningkatkan kemampuan anak.
Copyrights © 2022