Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat

Julia, Julia (Unknown)
Wahira, Wahira (Unknown)
Suriani, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf.. Penggunaan media kartu huruf dilakukan karena anak belum mampu mengenal huruf abjad dan kurangnya kreativitas guru dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik di TK Mardi Santosa Kota Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resarch) yang terdiri dari 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelas A TK Mardi Santosa tahun ajaran 2020-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad secara signifikan. Prosentase kemampuan anak pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 50%, siklus 2 pertemuan 2 naik menjadi 80%. Penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran mengenal huruf abjad dapat meningkatkan kemampuan anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...