Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Pertiwi Batu Hampar Kab. Rokan Hilir Riau

Putri, Roro Tri Juliastuti Kusuma (Unknown)
Habibah, Sitti (Unknown)
Ramlah, Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK Bhakti Pertiwi Kepenghuluan Bantayan Baru Kecamatan Batuhampar Kabupaten Rokan Hilir . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK Bhakti Pertiwi Kepenghuluan Bantayan Baru Kecamatan Batuhampar Kabupaten Rokan Hilir melalui proses pembelajaran dengan menerapkan media pohon huruf. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek Penelitian adalah anak TK Bhakti Pertiwi Kelompok B sejumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan Unjuk Kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terdapat 4 orang anak berkembang sesuai harapan dan 4 orang anak mulai berkembang, pada siklus II mengalami perkembangan, yakni menunjukkan bahwa terdapat 2 orang anak berkembang sangat baik, 5 orang anak berkembang sesuai harapan dan 1 orang anak mulai berkembang. Pada siklus I terdapat 7 orang anak merespon kegiatan dengan senang, dan pada siklus II terdapat 8 orang anak merespon kegiatan dengan senang. Adanya peningkatan ataupun kemajuan pada TK Bhakti Pertiwi ketuntasan belajar secara klasikal menunjukkan bahwa penggunaan media pohon huruf di dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...