Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 4 (2021): SPESIAL ISSUE EDISI 1

Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Deskriptif dengan Menggunakan Teknik Webbing Di Kelas IX SMP N 3 Alasa Talumuzoi Kab. Nias Utara Sumatera Utara

Pribadi Hulu (SMP N 3 Alasa Talumuzoi Kab. Nias Utara Sumatera Utara)
Amra Ariyani (Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Neni Iriyani (Bahasa Inggris SMP Negeri 6 Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif, penulis menggunakan teknik Webbing. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai metode penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang di kumpulkan dengan menggunakan instrumen yaitu lembar observasi dan lembar evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Teknik webbing sangat cocok dalam menulis khususnya teks deskriptif dan (2) Teknik webbing dapat memperbaiki kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif teks

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...