Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kerjasama Anak Menggunakan Teknik Mozaik Secara Berkelompok di TK Dharma Pertiwi Lapoa Indah Kab. Konawe Selatan Sulawesi Tenggara

Siswanty, Sinar (Unknown)
Syamsiah, Syamsiah (Unknown)
Mardiana, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini di awali dengan peneliti melakukan observasi prasiklus di Kelompok B TK Dharma pertiwi Lapoa Indah dan ternyata kerjasama peserta didik rendah dan perlu di tingkatkan .Hal ini dilihat dari Kurangnya minat peserta didik dalam mengerjakan tugas secara berkelompok, peserta didik yang aktif saja yang bekerja sedangkan yang lainnya lebih banyak bermain.Penelitian ini bertujuan untuk ”Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Mengisi Pola Gambar Menggunakan Teknik Mozaik Secara Berkelompok”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan tempat penelitian ini berlokasi di kelompok B TK Dharma Pertiwi Lapoa indah. Berdasarkan hasil belajar Peserta didik tentang meningkatkan kerjasama anak melalui kegiatan mengisi pola gambar menggunakan teknik mozaik secara berkelompok pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 56,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 87,5% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kerjasama anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan mengisi pola gambar menggunakan teknik mozaik secara berkelompok di kelompok B TK Dharma Pertiwi Lapoa Indah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...