Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Discovery Learning di SMP Informatika Bina Generasi Kab. Bogor Jawa Barat

Permatasari, Ira Agnia (Unknown)
Said, Muh (Unknown)
Poly, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Perkembangan kurikulum menuntut siswa untuk selalu aktif, kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model Discovery learning dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-B SMP Informatika Bina Generasi Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian berupa perlakuan (treatment) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX-B yang berjumlah 30 siswa yag terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan, dokumen nilai dan foto kegiatan dengan ketuntasan klasikal 85%. Setelah perlakuan (treatmen) selama 3 siklus, hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang dicapai adalah nilai tes kemampuan berpikir kritis di siklus I : 62,50%, siklus II : 81,25%, dan siklus III: 90,63% dengan nilai rata-rata siklus I: 76,92, siklus II : 80,76, dan siklus III : 85,00. Nilai kemampuan berpikir kritis dalam diskusi di siklus I : 59,38 %,siklus II: 84,38 % dan siklus III:90,63 %. Nilai rata-rata hasil belajar siswa di siklus I : 81, siklus II : 83, dan siklus III :88. Dengan ketuntasan dalam siklus I : 78,12 %, siklus II : 87,50 %, dan siklus III :93,75 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...