Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS dengan Model Problem Base Learning pada Siswa Kelas VII B Di SMP Muhammadiyah 8 Jakarta

Faridi, Ahmad (Unknown)
Hanafie, Nurharsya Khaer (Unknown)
Wahyuningsih, Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi permintaan dan penawaran di kelas 7B SMP Muhammadiyah 8 Jakarta Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS. Penyebabnya adalah metode pengajaran yang masih berpusat kepada guru. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Kurangnya hasil belajar siswa ditunjukkan oleh data nilai siswa dimana 16 dari 34 siswa atau sebesar 47,05% tidak mencapai KKM mata pelajaran IPS. Subyek penelitian disini ialah seluruh siswa kelas 7B di SMP Muhammadiyah 8 Jakarta tahun 2021. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Menggunakan metode pengumpulan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini pada pra siklus siswa yang tuntas hanya 18 siswa dari 34 siswa atau 52,95%, ketuntasan belajar pada siklus I adalah 21 siswa yang tuntas (61,7%). Selanjutnya siklus II adalah 28 siswa yang tuntas (82,3%). Kesimpulannya adalah dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar materi Permintaan dan Penawaran pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Jakarta

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...