Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Mengenal Warna Pada Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 31 Buton Sulawesi Tenggara

Wa Rini (TK Kemala Bhayangkari 31 Buton Sulawesi Tenggara)
Syamsuddin Syamsuddin (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Cahaya Cahaya (TK Teratai Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan Kognitif anak dengan kegiatan mengenal warna dengan bentuk kegiatan mencampur warna. Tujuan Penelitian adalah untuk menngkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mencanpur warna. Obyek penelitian adalah anak didik yang berjumlah 15 orang. dengan fokus penelitian adalah kemampuan kognitif dan kegiatan mencampur warna. Instrumen penelitan adalah lembar observasi anak dan rencana kegiatan pembelajaran harian (RPPH). Data dianalisis dengan menggunakan deskriftif persentase. Dari Hasil Analisi data diperoleh bahwa kegiatan mencampur warna dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang telah ditetapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik. Peningkatan ini terlihat pada indikator kemampuan anak melakukan percobaan pencampuran warna dasar, (merah, kuning dan hijau), dan Kemampuan anak bercerita tentang warna baru. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil nilai rata-rata siklus 2 anak didik untuk 2 indikator adalah 3,60 dan nilai ketuntasan belajar 100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...