Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan Kognitif anak dengan kegiatan mengenal warna dengan bentuk kegiatan mencampur warna. Tujuan Penelitian adalah untuk menngkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mencanpur warna. Obyek penelitian adalah anak didik yang berjumlah 15 orang. dengan fokus penelitian adalah kemampuan kognitif dan kegiatan mencampur warna. Instrumen penelitan adalah lembar observasi anak dan rencana kegiatan pembelajaran harian (RPPH). Data dianalisis dengan menggunakan deskriftif persentase. Dari Hasil Analisi data diperoleh bahwa kegiatan mencampur warna dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang telah ditetapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik. Peningkatan ini terlihat pada indikator kemampuan anak melakukan percobaan pencampuran warna dasar, (merah, kuning dan hijau), dan Kemampuan anak bercerita tentang warna baru. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil nilai rata-rata siklus 2 anak didik untuk 2 indikator adalah 3,60 dan nilai ketuntasan belajar 100%.
Copyrights © 2022