Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Project Based Learning TK Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur

Ningsih, Retno (Unknown)
Bachtiar, Muhammad Yusri (Unknown)
Indrawati, Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yakni sebagai salah satu upaya dalam meingkatkan kreativitas membuat karya seni pada anak usia dini melalui pembelajaran projek based learning, dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subyek penelitian ada 5 anak terdiri dari 2 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan seni dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok B mengalami peningkatan. Pada pertemuan ke I pencapaian perkembangan siswa sebesar 40% dan pada pertemuan ke II pencapaian perkembangan siswa sebesar 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Base Learning dapat meningkatkan kreativitas membuat karya seni anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...