Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Remedial Teaching Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tungkal Ulu Kab. Tanjung Jabung Barat Jambi

Herawati, Herawati (Unknown)
Said, Muh (Unknown)
Poly, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Remedial Teaching Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dilihat dari beberapa siklus. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah remedial teaching melalui pembelajaran berbasis masalah. Remedial teaching ini memberi kesempatan pada siswa untuk belajar dengan tahapan-tahapan siklus, sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, kebutuhan dan kecepatan dalam pembelajaran IPS, penelitian ini fokus pada remedial teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan (action research) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Temuan hasil remedial teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dengan dibukti melalui hasil belajar awal siswa SMPN 1 Tungkal Ulu kelas IX A, sebelum remedial dengan skor nilai 66,3% berada pada level rendah. Setelah menggunakan remedial teaching pada siswa SMPN 1 Tungkal Ulu, mengelami peningkatan dengan skor 93,3% berada pada level sangat baik. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, terutama yang berhubungan dengan menuntaskan suatu pembelajaran. Selain itu juga dapat memberi pemahaman psikologis terhadap guru-guru dalam upaya meningkat hasil belajar siswa bagi yang tidak tuntas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...