Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP3)

Pengembangan Modul Berbasis Nilai-nilai Islam pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Nilai Karakter Religius Siswa

Desti Ramadayanti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Irwan Syaputra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nirwana Anas (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Modul merupakan suatu unit bahan ajar lengkap, yang terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan modul berbasis nilai-nilai Islam pada materi sistem reproduksi manusia dalam meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and development) model Borg & Gall. Validitas modul diukur menggunakan lembar validasi. Validitas modul yang dikembangkan sebesar 86,50% dikategorikan sangat valid. Hasil validitas materi sebesar 91% dikategorikan sangat valid, validitas media sebesar 75 % dikategorikan valid, dan validitas agama sebesar 95 % dikategorikan sangat valid. Kepraktisan modul diukur menggunakan lembar validasi angket respon guru dan angket respon siswa. Kepraktisan Modul yang telah dikembangkan sebesar 81,48 %. dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan validasi respons guru diperoleh persentase kepraktisan modul sebesar 77,5 % dikategorikan praktis dan angket respon peserta didik sebesar 85,46 % dikategorikan sangat praktis. Efektivitas modul diukur dengan uji gain ternormalisasi dari hasil pretest dan posttest angket nilai karakter religius dengan memperoleh katagori sedang dengan nilai gain score 0,73 dengan presentasi 73,38%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...