Modul merupakan suatu unit bahan ajar lengkap, yang terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan modul berbasis nilai-nilai Islam pada materi sistem reproduksi manusia dalam meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and development) model Borg & Gall. Validitas modul diukur menggunakan lembar validasi. Validitas modul yang dikembangkan sebesar 86,50% dikategorikan sangat valid. Hasil validitas materi sebesar 91% dikategorikan sangat valid, validitas media sebesar 75 % dikategorikan valid, dan validitas agama sebesar 95 % dikategorikan sangat valid. Kepraktisan modul diukur menggunakan lembar validasi angket respon guru dan angket respon siswa. Kepraktisan Modul yang telah dikembangkan sebesar 81,48 %. dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan validasi respons guru diperoleh persentase kepraktisan modul sebesar 77,5 % dikategorikan praktis dan angket respon peserta didik sebesar 85,46 % dikategorikan sangat praktis. Efektivitas modul diukur dengan uji gain ternormalisasi dari hasil pretest dan posttest angket nilai karakter religius dengan memperoleh katagori sedang dengan nilai gain score 0,73 dengan presentasi 73,38%.
Copyrights © 2022