Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

si Pembelajaran Matematika dengan Metode Multisensori: Tindakan Kelas Pada Siswa Tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa

Rahma Retnowati Ningrum Angkotasan (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Negeri Makassar)
Angger Sukma Nugrahani (Guru SDLB Inpres 73 Malaingkedi Kota Sorong)
Zulfitrah Zulfitrah (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Berbagai macam metode yang dapat diterapkan untuk membantu siswa dengan kebutuhan khusus agar lebih mudah memahami konsep matematika salah satunya yaitu metode multisensori. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penerapan inovasi pembelajaran matematika dengan metode multisensori untuk siswa tunarungu. Metode penelitian PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang teridiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode multisensori pada pembelajaran matematika untuk mengenalkan konsep angka 1-50 kepada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa berhasil meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar dari 45 pada pra-siklus menjadi 75 pada siklus 1 dan 85 pada siklus 2. Adanya variasi media, pemberian pujian positif memungkinkan siswa menggunakan lebih dari satu indera dalam pembelajaran, yang pada akhirnya membantu mereka meningkatkan pemahaman dan retensi informasi. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru, pihak sekolah, dan pemangku kebijakan pendidikan dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif untuk siswa tunarungu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...