Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMA Negeri 6 Toraja Utara

Dian Parimba (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Fisika Universitas Negeri Makassar)
Arvit Leopaldo Pongtengko (SMA Negeri 6 Toraja Utara)
Mutahharah Hasyim (Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dengan model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI UPT SMA Negeri 6 Toraja Utara tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 23 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian instrumen tes berupa tes hasil belajar peserta didik dan instrumen non tes berupa observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari 17,39% peserta didik yang tuntas pada prasiklus menjadi 65,22% pada siklus-1 dan mengalami kenaikan yang cukup tinggi pada siklus-1 menjadi 82,61%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI di UPT SMAN 6 Toraja Utara pada materi Alat-alat Optik dan Pemanasan Global.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...