Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama peserta didik kelas VIII.A UPTD SMP Negeri 1 Maniangpajo melalui penerapan model discovery learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A UPTD SMP Negeri 1 Maniangpajo berusia 13-14 tahun sebanyak 10 orang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Hopkins yang terdiri dari 2 siklus dengan desain pada setiap siklusnya memiliki 4 tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) aksi, 3) obsevasi, dan 4) refleksi. Instrumen penelitian adalah angket kerja sama yang terdiri dari 30 item pernyataan dan 4 pilihan jawaban yang berdasar pada pedoman penskoran skala Likert. Teknik pengumpulan data berupa pemberian angket pada setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kerja sama pada siklus 1 sebesar 92,7 (kategori baik), siklus 2 sebesar 93,4 (kategori baik), dengan persentase peningkatan sebesar 0,76%. Hasil tersebut menunjukkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kerja sama peserta didik kelas VIII.A UPTD SMP Negeri 1 Maniangpajo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023