Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII UPT SPF SMPN 5 Makassar

Anisa (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Anwar (Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Sitti Mardiah (UPT SPF SMPN 5 Makassar)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan hasil belajar IPA kelas VII UPT SPF SMPN 5 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terhadap. Penulisan artikel ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) antara mahasiswa, dosen pembimbingan, dan guru pamong. Penelitian dilaksanakan di UPT SPF SMPN 5 Makassar pada bulan Mei 2024. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPT SPF SMPN 5 Makassar yang terdiri dari 16 peserta didk perempuan dan 19 peserta didik laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peseta didik dari nilai rata-rata 66,1 pada siklus I meningkat menjadi 85 Pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bumi dan satelitnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...