Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik kelas B.3. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan kedua pendekatan tersebut. Pada kondisi awal, hanya 17.71% peserta didik yang mencapai kategori tuntas. Setelah siklus pertama, persentase meningkat menjadi 42.85%, dan mencapai 85.71% pada siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan TaRL dalam pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024