Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran literasi dengan menggunakan media Wordwall tehadap keterampilan membaca memahami siswa kelas VI . Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil penilaian keterampilan membaca pemahaman. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Setelah menganalisis data, hasil pengujian hipotesis diperoleh perbandingan hasil Pre-test yaitu 82,76 dan Post-test yaitu 93,714 yang menunjukkan bahwa nilai tHitung = 5,8099 dan tTabel = 2.08596 maka tHitung ≥ tTabel atau 5,8099 ≥ 2.08596 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran literasi dengan menggunakan media Wordwall memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI.
Copyrights © 2024