Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Pengaruh Media Pembelajaran Literasi dengan Menggunakan Wordwall Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 7 Pulau Karanrang

Muhajir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fitrianti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurwahidah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ermawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran literasi dengan menggunakan media Wordwall tehadap keterampilan membaca memahami siswa kelas VI . Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil penilaian keterampilan membaca pemahaman. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Setelah menganalisis data, hasil pengujian hipotesis diperoleh perbandingan hasil Pre-test yaitu 82,76 dan Post-test yaitu 93,714 yang menunjukkan bahwa nilai tHitung = 5,8099 dan tTabel = 2.08596 maka tHitung ≥ tTabel atau 5,8099 ≥ 2.08596 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran literasi dengan menggunakan media Wordwall memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...