Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Word Wall Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 7 Pulau Karanrang Kab.Pangkep

Andi Paida (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fitrianti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurwahidah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ernawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Annisa Rahmadani (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SD yang dipengaruhi oleh kurangnya dukungan orang tua, dan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran word wall untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah (R&D), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Subjek penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas VI,. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data mencakup uji normalitas, uji T-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian yaitu media WORD WAL dinilai layak tingkat keberhasilan mencapai 88-94. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan keterampilan membaca siswa kategori sedang. Disimpulkan media yang dikembangkan dan layak serta efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini mencakup peran media dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...