Pendidikan kesetaraan adalah pendidikan yang berlangsung di luar sistem persekolahan  pada pengelolaannya dilakukan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang dalam penyelenggaraan program pendidikan non formal termasuk Paket C yang merupakan  pendidikan berjenjang setara Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan Paket C yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kota Manado. 
Melalui penggunaan desain kualitatif penelitian ini menemukan bahwa  implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan Paket C di Kota Manado berdasarkan aspek pengorgansiasian, interpretasi dan aplikasi belum sepenuhnya berjalan dengan baik. olehnya disarankan untuk  melakukan perekrutan Tutor yang sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang dibutuhkan,  mengusahakan sumber pendanaan lainnya dan tidak tergantung pada bantuan operasional dari pemerintah, melakukan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pembelajaran menjalankan fungsi evaluasi dan pengawasan terhadap berjalannya kegiatan Pendidikan Kesetaraan Paket C.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016