Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 11 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia

The Impact of Content-based instruction on Students' Writing skill and Learning Motivation at SMP Negeri 6 Wasile

Yuyun Sugianti (Universitas Terbuka)
Ruminda Ruminda (Universitas Terbuka)
Juhana Juhana (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki tiga masalah utama terkait penerapan model content-based instruction (CBI) dalam pengajaran keterampilan menulis kepada siswa kelas delapan di SMP Negeri 6 Wasile. Pertama, penelitian ini mengkaji bagaimana CBI diterapkan dalam pengajaran menulis. Kedua, penelitian ini menilai dampak CBI terhadap keterampilan menulis siswa dan hasil belajar secara keseluruhan. Ketiga, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana CBI mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar keterampilan menulis. Dilakukan di kalangan siswa kelas delapan di Maluku Utara, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tiga instrumen: pre-test dan post-test untuk keterampilan menulis, checklist observasi untuk guru dan siswa, serta kuesioner untuk siswa. Kelas eksperimen menerima perlakuan CBI selama empat sesi, sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional. Observasi dilakukan selama perlakuan, diikuti dengan kuesioner untuk kelompok eksperimen. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS, mengungkap temuan kunci: CBI secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa, karena baik guru maupun siswa merasa lebih mudah terlibat dengan konten menulis yang relevan dengan minat mereka. Selain itu, CBI meningkatkan motivasi siswa, sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah diakses.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...