Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol. 1 No. 2 (2020)

Flipped Classroom dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi

Fitria Febri Arianti (IKIP PGRI Bojonegoro)
Sutrimah Sutrimah (IKIP PGRI Bojonegoro)
Cahyo Hasanudin (IKIP PGRI Bojonegoro (Scopus id: 57205056590))



Article Info

Publish Date
08 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem dengan menggunakan flipped classroom dan aplikasi schoology. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 22 siswa. Dari 22 siswa kemdian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks biografi sesuai dengan indikator. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem sesuai dengan pedoman buku siswa bahasa Indonesia SMA/MA/SMK revisi 2017 dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah flipped classroom dan aplikasi schoology sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan memberi pemahaman siswa jika situs online bisa digunakan sebagai pembelajaran yang menarik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tabasa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya facilitates and disseminates scientific articles from academics, teachers, and observers of Indonesian language and literature which includes the following focus and scope. 1. Indonesian language and its development 2. Indonesian literature ...