Jurnal Studi Edukasi Integratif
Vol 1 No 1 (2024)

Analisis Butir Soal Asesmen Sumatif Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar

Indar Prabowo (Institut Agama Islam Al Ghurabaa)
Bunga Setyaning Fahma (Institut Agama Islam Al Ghurabaa)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik butir-butir soal asesmen sumatif akhir semester pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SDIT Mentari Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik dokumen. Dokumen berupa soal asesmen sumatif akhir semester ganjil yang berjumlah 30 butir, bentuk tes yaitu pilihan ganda. Jumlah dokumen ada 19 sejumlah peserta didik kelas V yang merespon soal tersebut. Analisis data menggunakan program anates versi-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya beda baik dengan nilai 0,40, hanya 27% butir yang bisa membedakan kelompok atas dan bawah, taraf kesukaran sedang sebesar  63%, taraf kesukaran tinggi sebesar 37%. Hasil uji validitas tes sebagai persyaratan pengukuran alat tes menunjukkan nilai terbesar yaitu 0,74 dan sisanya terdapat 53% yang dinyatakan tidak valid. Ketuntasan hasil belajar tenyata hanya 1 siswa yang  mencapai nilai Tuntas  di atas KKM (75) yaitu dengan perolehan nilai 86, hal ini tentu menjadi acuan bagi para pendidik untuk meningkatkan kembali atau memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran sehingga hasil evaluasi pembelajaran dapat terus meningkat. Dalam analisis kesukaran soal dapat diketahui bahwa 11 soal dengan kategori Sukar. Soal dengan kategori tersebut dapat dievaluasi kembali oleh para pendidik untuk diperbaharui atau diubah dalam bentuk yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsei

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Studi Edukasi Integratif berfokus pada kajian dan studi dalam bidang pendidikan dengan pendekatan multidisiplin ilmu. Artikel yang diterbitkan membahas berbagai aspek pendidikan dari sudut pandang luas, mencakup integrasi konsep, metode, dan praktik secara menyeluruh dari skala mikro hingga ...