Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi konseptual pendidikan holistik dengan memanfaatkan pendekatan fenomenologis, khususnya dalam konteks inklusivitas dan kesadaran sosial. Pendekatan fenomenologis digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman individu dalam lingkungan pendidikan holistik, dengan fokus pada bagaimana konsep-konsep tersebut dapat diperluas dan ditingkatkan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyajikan pandangan yang lebih komprehensif tentang pendidikan holistik yang mencakup aspek inklusivitas dan kesadaran sosial, manfaat dari penelitian ini adalah kontribusinya terhadap pemahaman yang lebih baik tentang pendidikan holistik dan penerapannya dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif serta membangun kesadaran sosial di masyarakat. Dengan memperdalam pemahaman tentang konsep-konsep ini, diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan praktik pendidikan yang lebih holistik dan inklusif di masa depan, Penelitian ini memiliki batasan dalam analisisnya, yaitu terbatas pada analisis konseptual dan filosofis tentang pendidikan holistik. Implementasi praktis dari konsep yang direkonstruksi tidak termasuk dalam cakupan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis fenomenologis, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan partisipan yang memiliki pengalaman dan pemahaman yang luas tentang pendidikan holistik, penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Mertoyudan Magelang, guru dan siswa menjadi partisipan pada penelitian ini, selain itu, data juga dikumpulkan melalui observasi partisipatif di lingkungan pendidikan yang relevan, analisis data dilakukan dengan cara transkripsi wawancara dan pencatatan observasi, kemudian dianalisis secara tematis dengan fokus pada pola-pola yang muncul dalam pengalaman individu terkait dengan inklusivitas dan kesadaran sosial dalam konteks pendidikan holistik, temuan penelitian ini dapat mengisi kesenjangan pengetahuan tentang konsep pendidikan holistik yang inklusif dan berorientasi pada kesadaran sosial, Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan pendidikan holistik yang lebih komprehensif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. ini menguraikan tentang kebutuhan akan rekonstruksi konseptual pendidikan holistik, dengan memanfaatkan pendekatan fenomenologis untuk mengeksplorasi dimensi inklusivitas dan kesadaran sosial. Fenomenologi memberikan landasan metodologis yang kuat untuk menjelajahi pengalaman individu dalam konteks pendidikan holistik, sehingga memungkinkan kita untuk memahami peran penting dari inklusivitas dan kesadaran sosial dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan individu secara menyeluruh.
Copyrights © 2024