Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2019): Wulang Jurnal Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah

KONSEP MODEL PEMBELAJARAN

Muasromatul Azizah (STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Model pembelajaran adalah pendekatan sistematis yang digunakan dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Sebagai kerangka kerja, model pembelajaran membantu pendidik mengorganisasi proses belajar-mengajar secara terstruktur, terarah, dan efisien. Pemilihan model pembelajaran yang tepat tidak hanya mempertimbangkan tujuan pembelajaran, tetapi juga karakteristik siswa, seperti kemampuan, gaya belajar, dan minat, serta konteks pendidikan yang meliputi aspek lingkungan fisik, sosial, dan budaya. Model pembelajaran memberikan panduan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, bermakna, dan menyenangkan. Beragam model pembelajaran, seperti kooperatif, berbasis proyek, dan berbasis inkuiri, dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta kemampuan kerja sama siswa. Dengan penerapan yang tepat, model pembelajaran tidak hanya berorientasi pada hasil akademik, tetapi juga mendorong pengembangan karakter, motivasi, dan potensi siswa secara holistik. Artikel ini mengkaji pengertian, ciri-ciri, serta dasar-dasar pemilihan model pembelajaran guna memberikan panduan bagi pendidik dalam merancang proses pembelajaran yang optimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

wjp

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (WJP) is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at Institut Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu. This journal is published twice a year in June and December. Furthermore, this journal is ...