Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 1 (2024): DIDAKTIKA BIOLOGI

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS

Galuh Nurani Esa Kinanti (Universitas Tidar)
Karunia Galih Permadani (Universitas Tidar)
Shefa Dwijayanti Ramadani (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) ideal semestinya mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, mengembangkan kemampuan berpikir, serta memberikan pengetahuan baru yang diperoleh melalui kegiatan belajar yang sistematis. Namun demikian, masih dijumpai pembelajaran yang menggunakan LKPD hanya memuat kumpulan soal dan ringkasan materi, sehingga belum mampu meningkatkan aktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E berdasarkan aspek validitas dan praktikalitas serta menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik. LKPD dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan diimplementasikan melalui desain pre-eksperimental. Hasil validasi LKPD oleh ahli bahan ajar dan ahli materi memperoleh persentase masing-masing sebesar 76,38% dan 83% dengan kriteria sangat layak; sementara penilaian  aspek praktikalitas oleh guru dan peserta didik menunjukkan persentase masing-masing sebesar 97,91% dan 83,32% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa pemberian LKPD berbasis Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik, dengan efektivitas sedang (N-Gain = 0,7). Dengan demikian, LKPD berbasis Learning Cycle 7E layak digunakan serta memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...